Masukan kata pencarian | Misal Sepatu Mahawiswa, Baju Kuliah, Celana Kerja, Kemeja Kerja

Yuk jalan-jalan dengan voucher hotel dan tiket pesawat murah! Tiket hiburan juga ada.

Spider Web Rice Field





Lodok lingko cara merupakan salah satu bentuk persawahan yang berbentuk seperti sarang laba-laba yang terletak di kampung adat Cara,desa Cancar kab. Manggarai.
Masyarakat di sekitar wilayah itu percaya bahwa kebersamaan adalah sebuah rantai kehidupan yang tidak dapat di pisahkan begitu saja. Dan hal ini di Iinterpretasikan dalam suatu aturan kesepakatam khusus untuk penyediaan lahan persawahan untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah itu. Lahan-lahan yang dimiliki secara adat atau yang biasa disebut sebagai hak ulayat dibagi secara merata untuk semua penduduk di area wilayah adat.




Pembagian lahan itu tidak di buat menjadi berpetak-petak seperti kebanyakan areal persawahan pada umumnya. Akan tetapi di buat dalam bentuk jaring yang di mulai dari sebuah titik,yang titik tersebut menjadi sebuah pusat lingkaran.Masyarakat percaya bahwa kehidupan itu di mulai dari sebuah titik kecil dari pusat tersebut maka akan di tarik beberapa garis batas lurus hingga menuju garis terluar tanah ulayat dan kemudian tanah itu di bagi dalam bentuk yang lebih kecil, besar kecilnya suatu lahan pun berdasarkan pada beberapa jumlah warga yang menerima hasil panen tersebut untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi. Lahan yang besar menandakan bahwa warga yang menerima jumlah panen pun juga banyak, begitupun dengan lahan yang kecil.


Sistem penanaman pun di lakukan secara bersama-sama dalam suatu area ulayat. Masyarakat belajar dari membaca alam bahwa apabila tidak di lakukan penanaman secara bersamaan maka akan mempengaruhi jumlah hasil panen yang berkurang di akibatkan dari hama, terutama hama burung-burung kecil pemakan padi.
Dengan luasnya lahan yang di tanami padi, burung-burung tidak akan berkonsentrasi mencari makan dalam satu tempat saja tetapi  mereka akan menyebar kesawah-sawah yang lain. Jangan heran apabila ketika anda kesana akan melihat semua area akan menghijau dalam satu waktu dan kemudian kosong juga dalam waktu yang bersamaan,karena mereka menanam padi akan bersamaan dan memanenya juga dalam waktu yang hampir bersamaan.

Posted in |

0 comments:

Gudang Voucher dan Tiket

Cari Mode Terbaru Disini!

Akpar Denpasar ada disini: